Friday, March 5, 2010

Membaca Peta

PRAKTEK MEMBACA PETA


Maksud
Digunakan untuk mengerti dan memahami informasi di PETA Rupa Bumi Indonesia (RBI) yang ditampilkan dalam bentuk gambar atau simbol-simbol secara mudah
Tujuan
Melatih pengguna peta dapat lancar membaca peta (berkomunikasi melalui peta).
Bahan
Bahan yang digunakan untuk membaca peta ini seperti berikut :

1. Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) atau
2. Peta Tematik

Teori
Peta mempunyai kriteria-kriteria seperti berikut :
1. Peta berisikan suatu informasi.
2. Informasi ditampilkan dalam bentuk gambar atau simbol-simbol.
3. Tujuan umum dari semua peta adalah memberikan informasi yang ditampilkan dalam bentuk gambar atau simbol-simbol kepada pengguna peta.
Ada sebagian pengguna peta tidak mengerti dan memahami informasi tertentu pada peta, hal tersebut disebabkan latar belakang pengetahuannya tidak cukup atau karena hanya sebatas melihat pada detil tertentu. Disamping itu peta juga tidak berisi teks yang menjelaskan pada sipengguna peta, dimana untuk mencari informasi tersebut
Pengguna peta sebaiknya mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupannya, lingkungan adat istiadat, dan pribadinya yang berkaitan dengan dengan peta. Sebab faktor tersebut berpengaruh pada pemahaman akan peta. Sebagai contoh : peta topografi memberikan gambaran dari suatu tempat dari unsur-unsur yang ada dimuka bumi. Meskipun orang tersebut belum mengenal daerah tersebut, tetapi ia dapat membaca dan mengerti peta daerah itu, seolah-olah ia dapat mengenal bentang darat/topografi daerah itu. Akan tetapi jika orang tersebut belum punya pengalaman dan pengetahuan tentang peta, misalnya gambar garis kontur, yang biasanya digunakan untuk menanpilkan relief, akan menjadi bingung dan salah mengartikan garis tersebut
Peta tidak berisi teks yang menjelaskan kepada sipengguna peta, bagaimana memperoleh suatu informasi dengan cara membaca peta. Berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pribadinya berkaitan dengan pemakaian peta, pengguna peta dapat berkreasi yang dapat memunculkan idenya tentang bagaimana cara membaca peta dengan efektif.
Sebelum membaca suatu peta, sebaiknya dikenalkan tentang bagan susunan / struktur atau tata letak peta (map layout), seperti Gambar 1. berikut ini.














Gambar 1 . Tata Letak Peta (Map Layout)


Menurut Muehreke, et al, 1980, untuk membaca suatu peta dapat melalui tahapan seperti berikut ( lihat Gambar 2) :
1.Melihat tipe petanya  Peta Topografi / Rupa Bumi atau peta tematik
2.Lokasi daerah yang dipetakan
3.Legenda atau keterangan
4.Skala
5.Arah
6.Posisi atau koordinat
7.Muka Peta

Ad.1. Tipe peta
Berdasarkan tipe peta dapat diketahui isi petanya. Jika tipe petanya adalah Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) atau peta topografi (peta umum) maka peta tersebut berisi semua unsur-unsur alam (sungai, gunung, danau, dsb) dan semua unsur buatan manusia (jalan, gedung, batas administrasi, rel kereta api, dsb). Tetapi jika petanya adalah Peta Tematik, maka peta tersebut berisi tentang suatu tema dari unsur yang ingin diinformasikan, misalnya tentang unsur pariwisata, jaringan jalan dan lain sebagainya.

Ad.2. Lokasi daerah
Dari lokasi daerah yang dipetakan dapat diketahui nama area atau wilayah yang terpetakan. Pengguna peta dapat memperoleh informasi tentang area tersebut sesuai yang diinginkan.

Ad.3. Legenda atau keterangan
Dari Legenda atau keterangan yang berisikan simbol-simbol beserta keterangan dari unsur yang disimbolkan tersebut, pengguna peta dapat mengetahui detil atau obyek yang digambarkan di peta (muka peta), misalkan : jalan, sungai, garis kontur, batas administrasi dan lain sebagainya.

Ad.4. Skala
Dari skala peta yang ada, dapat diketahui ketelitian petanya (semakin besar skala petanya semakin teliti / lengkap detil / unsur yang dipetakan) serta perbandingan antara ukuran detil di peta dengan detil tersebut di lapangan.

Ad.5. Arah
Dari arah yang digunakan dapat diketahui arah jurusan yang dipakai, apakah arah utara grid (peta) , arah utara magnetik atau arah utara sebenarnya (utara geografis).

Ad.6. Koordinat
Berdasarkan koordinat yang digunakan (baik koordinat peta X,Y maupun koordinat geografis (φ, λ) dapat untuk mencari lokasi atau posisi suatu obyek di peta, atau sebaliknya, dapat digunakan untuk menggambarkan obyek atau detil di peta.

Ad.7. Muka Peta
Muka peta ini berisikan gambar-gambar detil, baik detil alam maupun buatan manusia. Detil-detil tersebut digambarkan dalam bentuk simbol-simbol yang dijelaskan pada legenda (keterangan). Disamping itu dimuka peta dituliskan pula teks ataupun nama-nama tempat (nama geografis) yang dapat digunakan oleh pengguna peta mengenal daerah tersebut.

Berdasarkan tahapan-tahapan di atas, dapat digunakan untuk membantu dan memudahkan pengguna peta dalam membaca peta. Meskipun demikian pengetahuan, pengalaman dalam kehidupannya, lingkungan adat istiadat, dan pribadinya yang berkaitan dengan dengan peta akan membantu pengguna peta dalam membaca peta untuk memperoleh informasi yang diinginkan.

..

No comments:

Post a Comment

My Favorites

buku tamu

Followers