Monday, January 18, 2010

Penerapan Matematika Terhadap Ukur Tanah

Survei adalah penerapan teknik matematika. Surveyor desain dan sistem mengamati pengamatan untuk menciptakan model matematika dari suatu proyek teknik. Model ini kemudian digunakan oleh profesi lain. Dalam beberapa cabang survei, para surveyor harus berusaha untuk menemukan solusi yang koheren untuk masalah yang melibatkan pencocokan data yang tercatat, prinsip-prinsip hukum, dan data diukur. Hal ini membutuhkan pengetahuan dalam berbagai disiplin ilmu termasuk matematika. Di bawah ini adalah contoh umum aplikasi dalam matematika untuk memecahkan masalah nyata.

Pengamatan survei tradisional terdiri dari sudut dan jarak ke titik. Sebagai contoh, asumsikan seorang surveyor yang direkrut untuk memetakan tapak sebuah bangunan. Ahli Geodesi bisa menggunakan tape untuk mengukur setiap sisi dan dengan tambahan sederhana menentukan perimeter. Namun hal ini akan meninggalkan pada setiap sudut sudut bangunan terukur. Karena tidak mungkin untuk menempati sudut-sudut bangunan untuk mengukur sudut, surveyor mendirikan sewenang-wenang, sistem koordinat lokal yang mengelilingi bangunan. Sumbu sistem koordinat ditentukan oleh satu baris dari apa yang dikenal sebagai traverse. Dalam sketsa di bawah ini, yang melintasi titik-titik A dan D yang digunakan untuk menentukan sumbu Y. Sumbu X adalah diberhentikan pada 90 derajat sehingga sebuah sistem koordinat XY didirikan. Poin yang tersisa di traverse, B dan C, ditempatkan sedemikian rupa sehingga semua sudut bangunan dapat dilihat. Para surveyor mengamati jarak dan sudut ke setiap sudut bangunan. Dalam sketsa berikut, dengan jarak 100 ft dan sudut 30 ° dari sumbu Y diukur pada koordinat A. Jika A adalah ditugaskan secara sewenang-wenang nilai-nilai dari X = 0,0 m dan Y = 0,0 ft, maka koordinat bangunan sudut 1 dapat ditentukan dengan memecahkan segitiga yang tepat untuk perubahan di X, DX, dan perubahan dalam Y, DY, menggunakan trigonometri. Demikian pula, koordinat 2 dan melintasi sudut titik B dapat ditentukan. Menggunakan koordinat dihitung setiap sudut bangunan, sudut-sudut bangunan di setiap sudut, jarak sepanjang setiap dinding, luas tapak, dan perimeter bangunan dapat ditentukan.



Ada banyak contoh yang serupa dengan yang satu ini yang digunakan dalam konstruksi dan batas survei. Dalam contoh ini bumi dianggap datar, atau pesawat terbang. Namun untuk survei besar (yang membentang lebih dari satu mil), kelengkungan bumi, medan gravitasi, dan refraksi atmosfer harus dipertimbangkan. Pengetahuan di bidang matematika, fisika, dan geodesi diperlukan untuk melakukan perhitungan ini. Sebuah pendidikan tinggi akan memberikan Anda dengan latar belakang, pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan untuk bekerja di survei, bidang matematika terapan.

No comments:

Post a Comment

My Favorites

buku tamu

Followers