Wednesday, January 20, 2010

Lingkungan di UGM

Lingkungan Belajar
di UGM
Oleh Andhika Wahyu Pratama
09/286246/NT/13538
Fakultas Teknik D3 Geomatika


Universitas Gadjah Mada adalah salah satu Universitas yang memiliki kualitas yang tak diragukan lagi, baik dalam skala nasional maupun internasional.Selain itu Mahasiswa yang belajar di Universitas tersebut adalah pilihan, melalui persaingan ketat dan sulit untuk masuk menjadi bagian dari Mahasiswa UGM. Adalah sebuah kebanggaan bahwasanya memiliki putra-putri yang kuliah di Universitas favorit tersebut. Semua ini didukung oleh banyak pihak yang memiliki andil di tiap aspek-aspeknya.Sebut saja peranan dosen yang mengajar di masing-masing fakultas di UGM. Dosen-dosen luar biasa yang telah mencetak puluhan ribu bahkan mungkin sudah jutaan mahasiswa yang berhasil dan sukses karena kuliah di UGM. Selain itu ada faktor lain yang menjadikan Mahasiswa berprestasi, adalah faktor lingkungan di UGM yang mendukung suasana belajar.

Dari aspek fisik, lingkungan belajar di UGM memiliki sarana dan prasarana baik dan memadai. Letak dan penataan gedung maupun ruang merangsang minat Mahasiswa untuk belajar dan menyuguhkan rasa nyaman. Letak Fakultas yang di tempatkan di masing-masing kompleks menjadikan lingkungan belajar di UGM tidak penuh ataupun sesak.

Dari aspek sosial tak lain adalah adanya interaksi antar Mahasiswa melalui organisasi-organisasi atau lainnya yang mempertemukan banyak pemikiran dan ide dari masing-masing Mahasiswa yang hebat, dari sebuah aktifitas tersebut akan berkumpul para mahasiswa yang memiliki buah pemikiran yang menjadi masukan bagi orang lain.Dari segi sosial Mahasiswa UGM mampu berinteraksi kepada semua orang baik antar Mahasiswa, dosen, maupun masyarakat umum.

Dari aspek hayati adalah adanya tanaman-tanaman yang berfungsi untuk memperindah,menyejukkan dan ada yang digunakan sebagai penelitian dan pengembangbiakan ekosistem sekitar. UGM sebagai Universitas yang memiliki lingkungan yang baik dan senantiasa berada didepan untuk mendukung gerakan penghijauan.

Dari aspek akademis, Universitas Gadjah Mada memiliki aset yang berharga. Adanya perpustakaan di tiap masing-masing Fakultas menjadikan nilai plus tersendiri bagi Universitas terbaik di Indonesia. Kegiatan belajar para mahasiswa yang ditangani oleh para dosen yang memiliki pengalaman tinggi dalam hal mencetak mahasiswa yang bermutu adalah faktor dalam segi akademik ini.
Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan belajar di lingkungan UGM ini akan berjalan lancar bilamana keempat aspek di atas berjalan lancar dan saling melengkapi satu sama lain.
By Andhika Wahyu Pratama
PPSMB susulan

No comments:

Post a Comment

My Favorites

buku tamu

Followers